Laporan Kopdar Excel 1

Kopdar (kopi darat) komunitas Excel di Indonesia yang pertama, Sabtu, 22 Juni 2013, telah berhasil terlaksana dengan sukses. Kopdar atau (offline meeting) komunitas yang biasa berinterkasi melalui milis (mailing list) belajar-excel@yahoogroups.com tersebut dilaksanakan di kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Fakultas Teknik, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Kopdar dimulai dari jam 08:00 dan berakhir jam 13:00.

Kopdar diisi dengan sharing ilmu oleh Mr. Kid (salah satu moderator milis belajar-excel) dan pak Hendrik (penulis buku Excel). Mr. Kid membawakan materi "Pengolahan Data dengan MS Excel" dan pak Hendrik membawakan materi "Pengenalan VBA". Acara ditutup dengan kuis dan pembagian hadiah, yaitu berupa DVD berisi materi belajar Excel dan Access dari bang Opi (Soffyan Efendi, pendiri dan moderator milis belajar-excel) dan buku berjudul "Membuat Sendiri Aplikasi Database Koperasi dengan Microsoft Access" dari bang Haer Talib (pendiri dan oderator milis belajar-excel, Access MVP).



Kopdar Excel pertama ini cukup hangat dan berbobot, terutama karena diisi dengan sharing ilmu dari Mr. Kid yang berkualitas dan dengan gaya khasnya yang penuh canda. Kesan secara keseluruhan adalah terbatasnya waktu yang disediakan panitia sehingga acara 'ramah-tamah' khas komunitas kurang mendapat waktu sehingga di antara peserta kurang sempat bersosialisasi. Di samping itu, terbatasnya waktu membuat penyampaian materi menjadi agak terburu-buru. Masih banyak pertanyaan yang dibawa peserta yang belum sempat diajukan di luar materi yang disampaikan terpaksa dibawa pulang kembali untuk ditanyakan di milis saja :)

Bravo komunitas Excel Indonesia! Lain kali kita ketemu lagi dalam suasana yang lebih akrab dan suasana yang lebih hangat!

Seluruh peserta (minus 3)

Haer Talib - Opik - Opi - Mr. Kid - Hendrik - Aliif

Mr. Kid in action

Hendrik in action

Peserta tekun mengikuti presentasi Mr. Kid

Mr. Kid menjelaskan VBA